\

PKK Kecamatan Cibodas Raih Juara Umum Lomba 10 Program PKK Tingkat Kota Tangerang Read more at: https://tangerangkota.go.id/berita/detail/43725/pkk-kecamatan-cibodas-raih-juara-umum-lomba-10-program-pkk-tingkat-kota-tangerang Download aplikasi Android T

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cibodas kembali mendulang prestasi membanggakan. Bagaimana tidak, dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 tingkat Kota Tangerang, PKK Kecamatan Cibodas kembali berhasil raih Juara Umum lomba 10 program PKK.


Ketua PKK Kecamatan Cibodas Nurul Fitri Prihadi mengungkapkan, ini merupakan kali kedua PKK Kecamatan Cibodas meraih Juara Umum dalam lomba 10 Program PKK tingkat Kota Tangerang. Pasalnya, pertama kali meraih Juara Umum yakni pada peringatan HKG ke-51 tahun 2023 lalu.


“Alhamdulillah, PKK Kecamatan Cibodas dapat mempertahankan prestasi yang sebelumnya diraih yakni Juara Umum dalam lomba 10 Program PKK tingkat Kota Tangerang 2024. Tentunya pencapaian ini tak lepas dari kerja keras bersama para kader PKK serta lintas sektor dalam menjalankan program PKK,” ujarnya, ditemui Rabu (26/6/2024).


Nurul pun menjelaskan, dari 10 perlombaan yang diikutsertakan, PKK Kecamatan Cibodas berhasil memenangkan tujuh perlombaan, yakni Juara I lomba Paduan suara, Juara I lomba toko PKK, Juara II lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Juara II lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


“Pada lomba toko PKK, inovasi yang kami hadirkan yakni adanya Ketan Online yakni PKK Instan Berbasis Online. Dimana memudahkan pelaku Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang ada di Toko PKK Kecamatan Cibodas dengan menerima pemesanan melalui whatsapp dan diantarkan langsung ke rumah pembeli,” jelas Nurul.


Tak hanya itu, dalam lomba PHBS yang diraih RW 08, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas. Penerapan tersebut sudah sejak lama dilakukan warga sekitar.


Selain itu, inovasi yang dilakukan ialah membuat mie kelor yakni mie yang dicampurkan dengan bahan daun kelor serta peran ayah yang mendukung kegiatan posyandu diberi nama Kasih Bayu “Aksi Ayah Bawa Balita Ke Posyandu” hal ini sangat membantu tercapainya cakupan kedatangan para balita.


“Sedangkan pada lomba PAAR diraih oleh RW 04, Kelurahan Jatiuwung, Kecamatan Cibodas, sudah memiliki fasilitas sarana dan prasarana untuk anak-anak seperti taman baca, taman bermain, warung kejujuran, serta adanya program 30 menit membaca ‘One Day No Gadget’ yang sudah berjalan selama ini,” lanjut Nurul.


Sementara itu, adapula Tina Martina meraih Juara II lomba kader e-Toko PKK dengan membawakan inovasi memanfaatkan hasil tanaman torbangun menjadi cookies, Siti Chotimah raih Juara II lomba kreasi kader posyandu dengan inovasi WAS TB (Pengawasan Tuberculosis berbadis Whatssapp), serta pada lomba BKR ‘Musikalisasi Puisi’ meraih Juara III oleh Widya Syafitri. (dsw)


Sumber : tangerangkota.go.id


BERITA LAINNYA

03 Dec 2021 14:28

JOB FAIR ONLINE 2021