\

Inovasi SAHABAT TB ( Satuan Pemerhati Masalah TB) sebagai upaya Eliminasi TB di Kecamatan Cibodas

SAHABAT TB adalah Inovasi yang diciptakan Puskesmas Panunggangan Barat Kota Tangerang dalam upaya Eliminasi TB .

Penemuan orang terduga TB merupakan salah satu strategi dalam kegiatan penanggulangan TB yang bertujuan untuk menemukan kasus positif TB. Penemuannya melalui serangkaian kegiatan sehingga dapat menurunkan kesakitan dan kematian akibat TB serta penularannya. Pada tahun 2020 cakupan penemuan orang terduga TB  dan cakupan kasus positif TB Puskesmas Panunggangan Barat masih rendah.

Dalam upaya meningkatkan penemuan orang terduga TB dan kasus positif TB tersebut perlu dilakukan pemberdayaan berbasis masyarakat dengan membentuk suatu komunitas SAHABAT TB (Satuan Pemerhati Masalah TB). SAHABAT TB bertujuan untuk meningkatkan cakupan penemuan orang terduga TB, meningkatkan cakupan penemuan kasus positif TB, melakukan Investigasi Kontak pada kasus positif TB,  melakukan penyuluhan TB secara mandiri dan melakukan Pengawasan Menelan Obat (PMO) guna meningkatkan angka kesembuhan.

Kegiatan SAHABAT TB terfokus kepada kegiatan promotif dan preventif. Pada tahun 2022 hasil pemberdayaan berbasis masyarakat dengan pembentukan SAHABAT TB menunjukkan bahwa terdapat peningkatan cakupan penemuan orang terduga TB di Puskesmas Panunggangan Barat, cakupan penemuan kasus positif TB  dan cakupan angka keberhasilan pengobatan. Dengan adanya inovasi SAHABAT TB (Satuan Pemerhati Masalah TB) memang terbukti berdampak baik dalam peningkatan capaian target penemuan orang terduga TB, Kasus Positif TB dan angka keberhasilan pengobatan TB serta bermanfaat guna meningkatkan pencapaian salah satu indikator SPM (Standar pelayanan Minimal) yaitu pelayanan kesehatan orang terduga TB dan indikator PKP (Penilaian Kinerja Puskesmas) Panunggangan Barat yaitu pelayanan kesehatan orang terduga TB dan cakupan kasus positif TB.

Terdapat beberapa factor penyebab rendahnya cakupan penemuan orang terduga TB dan cakupan kasus positif TB antara lain:

A.   Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai gejala TB, pencegahan TB dan tanda bahaya TB serta kesadaran untuk memeriksakan diri atau berobat ke puskesmas ketika muncul gejala TB.

B.   Belum adanya  komunitas pemberdayaan berbasis masyarakat khusus yang fokus terhadap masalah TB.

C.   Kurangnya pengetahuan masyarakat bahwa penderita TB yang tidak segera ditemukan dan mendapat pengobatan yang terstandar akan menjadi sumber penularan bagi sekitarnya.

D.   Koordinasi lintas program dan lintas sektor dalam penemuan orang terduga TB dan pasien kasus positif TB belum berajalan dengan baik.

E.   Kurang maksimal penyuluhan mengenai TB. 

F.    Kurang maksimal kunjungan ke rumah.

G.   Terbatasnya media  informasi mengenai penyakit TB baik berupa banner, leaflet ataupun spanduk serta media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter dan Facebook, sehingga promosi yang dijalankan masih belum maksimal di Puskesms Panunggangan Barat.

H.   Data kasus positif TB di RS tidak terhubung dengan Puskesmas sehingga kegiatan Investigasi kontak erat tidak dilakukan yang dapat mengakibatkan penularan semakin meningkat.

I.     Kurangnya anggaran untuk pelaksanaan program TB.

J.    Stigma masyarakat jika dirinya atau keluarga didiagnosa TB mengakibatkan orang yang mengalami TB terlambat didiagnosis, tidak patuh berobat, atau putus pengobatan.

K.   Adanya pandemi COVID-19 yang terjadi diseluruh dunia.

Adapun tujuan umum pembentukan SAHABAT TB adalah meningkatkan  pelayanan kesehatan orang terduga TB dan kasus positif TB di Puskesmas Panunggangan Barat.

Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Kegiatan SAHABAT TB antara lain.

1.    Dilakukan penyuluhan TB secara mandiri oleh anggota SAHABAT TB.

2.    Dilakukan penemuan orang terduga  TB secara dini.

3.    Dilakukan penemuan kasus positif TB.

4.    Dilakukan investigasi kontak erat pasien TB.

5.    Dilakukan  Pengawasan Menelan Obat (PMO) oleh anggota SAHABAT TB.


Sumber berita:

Lokasi Kegiatan                       : Puskesmas Panunggangan Barat Kota Tangerang

Narasi                                        : dr Maria Nila Cahyana

Foto                                            : Pelaksanaan Kegiatan SAHABAT TB (Satuan Pemerhati Masalah TB) oleh Puskesmas Panunggangan Barat

Nama petugas yang terlibat   :

Kepala puskesmas                  : dr Abu Khurairoh

PJ UKM                                     : dr Maria Nila Cahyana

Nama Petugas Kesehatan Program TB :

1.    dr Nike Pebrica Purnamasari

Nama anggota SAHABAT TB :

1.    Devi Anggraeni

2.    Rumi

3.    Ronih

4.    Aros

Nama Petuga Promosi Kesehatan :

1.    Neneng Yusri Nurlayla, SKM

BERITA LAINNYA

03 Dec 2021 14:28

JOB FAIR ONLINE 2021